Jumat, 22 Februari 2013

GARUT sebagai Peredam Diare



Rimpang garut sebagai bahan obat-obatan dapat menyembuhkan beberapa penyakit, di antaranya dapat menurunkan suhu badan, mengusir amoeba disentri, mengerigkan eksim, memperbanyak ASI, untuk tapal luka panah beracun, menyembuhkan borok serta mampu menwarkan racun lebah dan ular.

Herbal dengan farmacognosy Marantha aruncdinacea L juga dapat dimanfaatkan untuk bahan baku makanan dan minuman, obat-obatan, kimia, kosmetik, tekstil, kertas dan karton. Rimpang garut mempunyai kandungan pati 10 -20 %, air 30 - 50 %, protein 5%, lemak 0,1% dan mempunyai kandungan serat 1-3 %. Kandungan karbohidrat dan zat besi tepung garut lebih tinggi , dan kandungan lemaknya lebih rendah dibanding tepung terigu serta beras, tapi jumlah kalorinya hampir sama. Tepung garut baik untuk konsumsi orang yang baru sembuh dari sakit, karena mudah dicerna. Selain non kolesterol, emping garut di percaya bermanfaat bagi penderita diabetes. Pasalnya, selain sebagai sumber karbohidrat. dalam ubi garut ini juga dapat kandungan indeks glisemik yang rendah.

Khusus untuk penyakit yang sedangmenjamur saat ini yakni, diare, siapkan sesendok tepung garut, sesendok gula, garam 1/4 sendok teh, campurkan 7 lembar daun jambu biji dan 100 ml air, rebus dan, diminum setelah disaring. Laukan sehari tiga kali merebus dan jangan merebus untuk di simpan.

(sumber : harian Minggu Pagi )

0 komentar:

Posting Komentar